3 Hal Yang Bisa Dilakukan Animator Di Waktu Senggang

Gambar Judul 3 Hal Yang Bisa Dilakukan Animator Di Waktu Senggang

Kalian sebagai animator tentunya juga mempunyai waktu senggang, entah itu pada saat hari libur atau saat menunggu projek dimulai. Nah apa saja yang bisa dilakukan oleh animator untuk dapat mengasah kemampuan ketika sedang tidak bikin animasi? Berikut ini kita rangkum 3 hal yang bisa dilakukan animator di waktu senggang mereka:

1. Menggambar

Menggambar adalah salah satu kebutuhan dasar untuk para animator, maka dari itu asah kemampuan menggambar kalian. Tidak perlu rendah diri walaupun mungkin gambar kalian tidak sebagus teman-teman yang lain, setidaknya kalian paham akan proporsi, gesture, pose dan bahkan ekspresi. Karena dengan gambar nantinya kalian bisa menentukan strong pose di animasi kalian dengan lebih baik serta menentukan ekspresi yang tepat, sehingga bisa sangat membantu kalian dalam membuat animasi yang lebih efektif.

Gambar contoh gambar Wayne Gilbert dalam bukunya 'Simplified Drawing For Planning Animation'

Contoh gambar Wayne Gilbert dalam bukunya ‘Simplified Drawing For Planning Animation’.

2. Belajar akting

Seperti menggambar, akting juga merupakan kebutuhan dasar di dalam animasi. Maka ada baiknya kalian juga memperdalam tentang dunia akting, baik itu dengan banyak menonton film ataupun ikut kelas akting. Kelas akting biasanya ada di seni pertunjukan teater, jadi kalian bisa mengunjungi teater-teater budaya di sekitar kalian. Dari situ kalian akan belajar banyak tentang watak, gesture tubuh, ekspresi, emosi, dan sebagainya. Kalian akan belajar merasakan bagaimana ekspresi marah, gesture orang sedih, dan sebagainya. Sehingga nantinya kalian bisa lebih ekspresif ketika membuat referensi video untuk animasi kalian. Dan tentunya ini juga akan membuat pekerjaan kalian menjadi lebih cepat dan efektif. Di bawah ini adalah contoh video dari Jeff Gabor, animator Blue Sky Studio yang sedang melakukan akting untuk video referensinya saat membuat animasi untuk film ‘Horton Hears a Who’.

 

3. Perhatikan sekitar

Ketika kalian sedang jalan-jalan, atau hanya sekedar duduk-duduk di teras rumah, kalian pun sebenarnya bisa belajar, belajar untuk memperhatikan sekitar. Misalkan kalian sedang jalan-jalan di mall, kalian bisa memperhatikan gerakan orang-orang sekitar, perhatikan bagaimana gerakan mereka ketika berjalan, bagaimana gerakan mereka ketika bangun dari tempat duduk, bagaimana gerakan mereka ketika ngobrol dengan orang lain, dan sebagainya. Atau misalkan kalian sedang duduk-duduk di teras rumah, perhatikan bagaimana gerakan kucing ketika berjalan, bagaimana gerakan kucing ketika melompat pagar, dan sebagainya. Kalau perlu kalian gambar pose-pose mereka sebagai referensi, sehingga nantinya kalian akan paham ketika akan membuat animasinya.

 

Nah itu tadi 3 tips yang bisa dilakukan oleh para animator di waktu senggangnya, semoga tips di atas bisa membantu kalian untuk menjadi animator yang lebih baik lagi. Jika ada masukan atau pertanyaan, silahkan langsung tulis komen di bawah ya.. Terus asah kemampuan kalian, sehingga kalian bisa menghasilkan animasi yang lebih baik lagi ke depannya!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>