Animasi Pendek Yang Berhasil Masuk 10 Besar Oscar 2018

Animasi Pendek Yang Berhasil Masuk 10 Besar Oscar 2018

Perhelatan tahunan Oscar® yang ke 90 akan dimulai beberapa bulan lagi, dan berikut ini daftar animasi pendek yang berhasil masuk 10 besar Oscar® 2018:

‘Cradle,’ sutradara: Devon Manney (University of Southern California)

 

Film animasi 2D ini menceritakan tentang seorang tentara muda veteran perang Irak yang telah kehilangan kedua tangannya. Setelah kepulangannya ke rumah, kehidupan pasca perang ini justru membuatnya semakin tertekan.
Film berdurasi sekitar 15 menit ini sebelumnya telah memenangkan 2017 Student Academy Award® Winner (Animation) dan masuk nominasi 2018 Annie Award®, (Best Student Film).

‘Dear Basketball,’ sutradara: Glen Keane (Glen Keane Productions)

 

Pada tahun 2015, Kobe Bryant menggunakan sebuah puisi untuk mengumumkan pengunduran dirinya dari karir dua dasawarsanya di NBA. Dua tahun kemudian, sutradara Glen Keane, seorang veteran animasi Walt Disney menciptakan sebuah animasi dari puisi yang dibacakan langsung oleh Kobe Bryant tersebut.

‘Fox and the Whale,’ sutradara: Robin Joseph (Robin Joseph)

 

Film animasi pendek berdurasi 12 menit ini bercerita tentang seekor rubah yang penasaran untuk pergi mencari seekor paus yang sulit untuk ditangkap. Film yang disutradarai oleh Robin Joseph ini pertama kali tayang di LA Shorts Fest (2016), ‘Fox and the Whale’ juga berhasil mendapatkan beberapa penghargaan, yaitu ANIMASIAN AWARD : Reelasian Film festival 2017, BEST ANIMATION AWARD : Fastnet Film Festival 2017, AUDIENCE AWARD ANIMATED SHORT : Sene Film Festival 2017, HONORABLE MENTION JURY : Sene Film Festival 2017, BEST ANIMATION : Oxford Film Festival 2017 dan BEST ENVIRONMENT DESIGN : View Conference 2016.

‘Garden Party,’ sutradara: Victor Caire dan Gabriel Grapperon (MOPA)

 

‘Garden Party’ merupakan film kelulusan dari 6 orang siswa di MOPA, Perancis. Film ini bercerita tentang sekawanan katak yang tinggal di sebuah rumah mewah yang sudah ditinggalkan lama oleh penghuninya. Film animasi 3D ini juga sudah membawa pulang beberapa penghargaan, diantaranya SIGGRAPH 2017 – Best Student Project, Animago Award 2016 – Best Young Production, Aniwow 2016 – Best Short Film dan Nashville Film Festival 2017 – Grand Jury Prize.

‘In a Heartbeat,’ sutradara: Esteban Bravo dan Beth David (Ringling College of Art and Design)

 

‘In a Heartbeat’ merupakan film yang didukung penuh oleh Kickstarter (sebuah crowdfunding platform) yang dibuat oleh Esteban Bravo dan Beth David. Film berdurasi 4 menit yang saat tayang perdana secara online telah ditonton sebanyak 12 juta orang dalam waktu 3 hari ini bercerita tentang kisah cinta seorang anak laki-laki yang mengejar seorang pujaan hatinya.

‘Life Smartphone,’ sutradara: Chenglin Xie (China Central Academy of Fine Arts)

 

Film animasi pendek 2D berdurasi 3 menit ini merupakan hasil penelitian dari Chenglin Xie yang merupakan murid di Central Academy of Fine Arts, China. Bercerita secara satir bagaimana orang-orang sudah sangat ketergantungan dengan smartphone.

‘Lost Property Office,’ sutradara: Daniel Agdag (8th in Line)

 

‘Lost Property Office’ merupakan film animasi stop motion yang disutradarai oleh Daniel Agdag dan diproduseri oleh Liz Kearney. Film yang dibuat di Australia ini telah menghabiskan 2.500 potong kardus yang dipotong dan dibentuk menggunakan tangan dan difoto hingga menghasilkan sekitar 13.000 frame. Bercerita tentang Ed, seorang karyawan divisi barang hilang di sebuah stasiun commuter yang sangat mencintai dan berdedikasi dengan pekerjaannya, namun pada suatu hari Ed mendapat kabar bahwa jasanya sudah tidak lagi diperlukan.

‘Lou,’ sutradara: Dave Mullins (Pixar Animation Studios)

 

‘Lou’ merupakan film animasi pendek produksi Pixar yang disutradarai oleh Dave Mullins, ini merupakan debut pertamanya sebagai sutradara dimana sebelumnya Dave merupakan seorang supervisor animasi di Pixar. Film yang tayang sebelum film ‘Cars 3′ ini bercerita mempunyai pesan yang kuat mengenai “anti-bullying” yang kerap terjadi di sekolah-sekolah.

‘Negative Space,’ sutradara: Max Porter dan Ru Kuwahata (Ikki Films)

 

Max Porter dan Ru Kuwahara dari Tiny Inventions kembali memproduksi dan menyutradarai film terbaru mereka yang berjudul ‘Negative Space’. Masih dengan konsep stop motion, kali ini film berdurasi sekitar 5 menit setengah ini merupakan adaptasi dari puisi Ron Koertge.

‘Revolting Rhymes,’ sutradara: Jakob Schuh dan Jan Lachauer (Magic Light Pictures)

 

Dalam merayakan ulang tahun yang ke 100 dari penulis Roald Dahl, sutradara Jakob Schuh dan Jan Lachauer dari Magic Light Pictures mengadaptasi koleksi-koleksi puisinya yang juga merupakan dongeng klasik yang cukup terkenal menjadi dua buah film animasi yaitu Snow White dan Red Riding Hood.

Ke-10 film ini nantinya akan dinilai kembali oleh para juri hingga akhirnya terpilih 5 film yang akan masuk nominasi Oscar®. Penjurian ini akan diumumkan pada tanggal 23 Januari 2018 (hari ini). Oscar® sendiri akan diadakan pada 4 Maret 2018 di Dolby Theatre® Hollywood & Highland Center®.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>