Film Animasi Perancis ‘The Red Turtle’

Gambar Judul Film Animasi Perancis 'The Red Turtle'

Film animasi Perancis ‘The Red Turle’ atau dalam bahasa Perancis ‘La Tortue Rouge’ dalam seminggu pertama pemutarannya di Perancis berhasil meraup pendapatan $466.321 dari 149 bioskop, dengan total penonton sebanyak 79.745 orang.  Berarti rata-rata pendapatan per bioskop $3.130, dan ini menjadikan film animasi ‘The Red Turtle’ masuk ke peringkat 5 dari 10 film terbaik Perancis.

Angka ini jika dibandingkan dengan film animasi asal Hollywood yang tayang di Perancis memang tidak seberapa. Sebagai perbandingan, film animasi ‘Finding Dory’ buatan Pixar dalam seminggu pertama pemutarannya berhasil meraup pendapatan $4.7 juta, dan sudah mencapai $10.6 juta hingga saat ini.

Namun walaupun tidak mencapai box office seperti film beranggaran besar dari Hollywood, film ‘The Red Turtle’ ini bisa dikatakan sukses besar di negara asalnya Perancis. Para produser asal Perancis telah berusaha keras dalam beberapa tahun terakhir untuk menemukan penonton yang sangat menyukai film animasi original asal Perancis yang tidak mengikuti standard film Amerika (Hollywood). Sebuah artikel dari Perancis baru-baru ini juga baru saja menyoroti rendahnya penonton 5 film animasi asal Perancis, yaitu ‘Adama’ (65.000 penonton), ‘Dofus – Book 1: Julith’ (84.000 penonton), ‘April and the Extraordinary World’ (117.000 penonton), ‘Phantom Boy’ (151.000 penonton) dan ‘Long Way North’ (200.000 penonton).

 

Dengan hampir 80.000 penonton di minggu pertamanya, diharapkan film ‘The Red Turtle’ ini menjadi penanda kebangkitan film animasi asal Perancis. Walaupun sebenarnya film ini “terbantukan” karena status produksi bersama dengan studio terkenal asal Jepang, Studio Ghibli. Film animasi tanpa dialog yang menceritakan kisah menyentuh tentang seorang pria terdampar di pulau tropis terpencil yang akhirnya mempunyai hubungan dengan seekor kura-kura raksasa ini berhasil mengalahkan dua film Ghibli yang tayang di Perancis, ‘When Marnie was There’ (mendapatkan $305,581 pada minggu pertama penayangannya) dan ‘The Tale of the Princess Kaguya’ ($379,807). Akan tetapi tetap tidak bisa mengalahkan film karya Hayao Miyazaki ‘The Wind Rises’ (Januari 2014) yang berhasil mengumpulkan $2 juta pada penayangannya di minggu pertama.

Film yang disutradarai oleh Michael Dudok de Wit ini akan segera tayang di Amerika melalui Sony Pictures Classics. Film ini juga telah memenangkan special jury prize di Cannes pada bulan Mei lalu. Untuk produksi, Prima Linea Productions yang mengerjakan produksi animasi dan Wild Bunch yang merilis film ini di Perancis. Adapun beberapa perusaahaan lain yang terlibat di produksi dan pendanaan, seperti Studio Ghibli, Why Not Productions, Arte France Cinema, CN4 Productions dan Belvision.

Gambar film animasi asal Perancis 'The Red Turtle'

Film animasi asal Perancis ‘The Red Turtle’.

You may also like...

2 Responses

  1. Carey says:

    Question: Would it be appropriate for a 10 year old?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>