Tips Dari John Lasseter Untuk Para Animator Pemula

Gambar Judul Tips Dari John Lasseter Untuk Para Animator Pemula

John Lasseter sering mengadakan sesi tanya jawab dan berbagi tips secara online berdasarkan pertanyaan dari follower-nya di facebook maupun twitter. Nah kali ini bos dari studio animasi PIXAR ini akan menjawab pertanyaan dari salah satu fans yang bernama Kyrstin tentang “tips yang dapat menginspirasi bagi para animator pemula”.

John Lasseter juga menyebutkan ada satu hal penting yang perlu diingat dan dilakukan oleh para animator pemula agar dapat berkembang dan sukses di industri animasi atau film, yaitu “jangan pernah lupa untuk belajar basic“. Berikut ini beberapa tips dari John Lasseter untuk para animator pemula:

1. Basic Drawing

Meskipun kamu adalah animator komputer, kamu harus tetap harus mengerti dan bisa menggambar. Karena dengan menggambar kamu bisa paham tentang pose dan proporsi bentuk.

2. Basic Design

Basic design mempelajari tentang ruang, warna, keseimbangan bentuk dan harmoni. Ini akan dapat membantu animator dalam menentukan komposisi shot di dalam sebuah film.

3. Fundamental of Animation

Animator harus paham betul mengenai dasar animasi, pelajari dengan sungguh-sungguh 12 prinsip dasar animasi karena ini merupakan hal yang sangat krusial bagi para animator. 12 prinsip dasar animasi ini diperkenalkan oleh duo animator Disney Ollie Johnston dan Frank Thomas pada tahun 1981 pada bukunya yang berjudul ‘The Illusion of Life: Disney Animation’.

4. Film Grammar

Film grammar menjelaskan tentang dasar-dasar dalam film seperti frame, shot, scene, sequence, camera, light, stage, dsb. Animator akan paham tentang dasar-dasar pembuatan sebuah film dan paham mengenai berbagai aspek pendukung dalam pembuatan sebuah film.

5. Story & Writing

John Lasseter menyebutkan bahwa pemahaman tentang Three Axes Story Structure sangatlah penting. Three Axes Story Structure merupakan dasar dari pembuatan sebuah cerita yang bagus. Cerita yang baik itu selalu mempunyai tiga unsur, yaitu yang pertama setting cerita, lalu munculnya konflik dan yang terakhir adalah resolusi. Untuk penjelasan lengkapnya kalian bisa lihat di sini.

 

Jadi yang ingin ditekankan di sini adalah, berapa lamapun pengalaman kalian di industri film dan animasi, tetaplah perdalam dan pahami semua dasar-dasarnya, karena itu adalah hal yang paling penting dalam menghasilkan sebuah film yang bagus.

Banyak yang beranggapan bahwa software merupakan elemen penting dalam pembuatan sebuah film, namun nyatanya itu salah besar. Software tidak membuat sebuah film menjadi menarik dan menghibur, karena software hanyalah sebuah alat untuk “membantu” mempermudah pengerjaan dan akan terus berkembang serta berganti setiap tahunnya.

 

Jangan lupa join Disney – PIXAR di facebook page mereka untuk berita-berita ter-update.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>