Tips Membuat Animasi Blinks

Gambar judul membuat animasi blinks

Seberapa penting sih blinks (kedipan mata) pada sebuah karakter? Pastinya sangat penting, karena kedipan mata merupakan salah satu faktor yang membuat sebuah karakter animasi menjadi hidup, selain itu kedipan juga bisa menunjukkan ekspresi dari si karakter. Namun sebelum kita masuk ke cara membuat berbagai animasi kedipan mata, sebaiknya kita pahami dulu alasan kenapa mata itu berkedip.

Mata berkedip itu fungsi utamanya adalah untuk membasahi bola mata, dan rata-rata manusia berkedip setiap 2.5 detik. Namun dalam animasi kita tidak perlu membuat mata berkedip setiap 2.5 detik, karena akan terlihat terlalu repetitif. Selain itu, gerakan kepala, perubahan pikiran, dan menatap sesuatu juga bisa menjadi alasan mata berkedip.

Dalam animasi, kedipan mata tidak ada aturan yang baku harus berapa frame dalam satu kedipan, semua kembali lagi kepada kebutuhan scene.

Mungkin beberapa tips ini dapat dijadikan masukan dalam membuat kedipan:

– Gerakan kelopak mata usahakan menutup lebih cepat daripada ketika membuka kembali, jadi ketika kelopak mata tertutup jumlah frame-nya lebih sedikit dibanding ketika kelopak mata terbuka kembali. Ini karena gerakan otot pada kelopak mata akan lebih cepat kontraksi ketika menutup dibanding ketika membuka kembali (ketika menutup, otot kelopak mata menggunakan tenaga, namun ketika membuka kembali, otot mata melepaskan tenaga).

Gambar penjelasan frames pada blinks

Ilustrasi penempatan keyframes pada animasi blinks.

– Ketika mata kedip sewaktu kepala bergerak dari satu titik ke titik lain, usahakan ada hold minimum satu frame ketika posisi kelopak mata masih tertutup. Ini dikarenakan bola mata membutuhkan waktu untuk bergerak dari satu titik menuju ke titik yang lain (tergantung dari jaraknya titik).

Gambar Penjelasan Frames Pada Blinks Gerakan Kepala

Ilustrasi penempatan keyframes pada animasi blinks saat kepala bergerak (karakter melihat dari satu titik ke titik lain).

– Jika dalam keadaan menatap biasa, tidak perlu pakai hold ketika kelopak mata menutup, karena fokus titik yang dilihat tidak berubah, atau kalaupun berubah tidak akan jauh jaraknya. Fungsi dari kedipan mata biasa ini hanyalah untuk sekedar membasahi bola mata.

Gambar Penjelasan Frames Pada Blinks Tatapan

Ilustrasi penempatan keyframes pada animasi blinks saat menatap sesuatu atau saat idle.

Jumlah frame pada tips di atas bukanlah patokan baku untuk menganimasikan kedipan mata, semua kembali kepada kebutuhan scene. Ada baiknya animator mencoba melihat atau merasakan sendiri pergerakan kelopak mata terutama ketika sedang kedip, jadi nantinya bisa diimplementasikan ke karakter yang sedang dianimasikan.

Selamat mencoba! :)

You may also like...

2 Responses

  1. Sandri Endriawan says:

    Tambahan :
    Mending pas mata menutup holdnya jangn benr2 still,dikasi kyk moving hold gitu jadi seakan upper eyelid ngedorong lower eyelid,terus pas kelopak mata naik dikasi slow in dah,sekitar 2-3 frame di abisin untuk slow in… ntar bakal kerasa organic feelingnya.terus kalo bisa brownya dan sedikit bagian pipi juga di animate dikit,nanti jadinya facenya waktu blink jadi kerasa lebih organic and fleshy…cumana ngeshare pengalaman aja hihihi

    artikelnya keren :)

    • ngobrolanimasi says:

      Nice! Cara ini biasanya dipakai kalau kalian mau mengejar detail di animasi kalian. Nah ntuk menggerakkan bagian pipi tergantung dari rig si karakter (sedetail apa rig pada karakter yang kalian pakai).
      Thank you buat inputnya @Sandri Endriawan. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>