TOP 4 Software Animasi 3D Pada Industri Animasi

Gambar judul TOP 4 software animasi 3D

Banyak yang tanya, software animasi 3D apa sih yang biasanya dipakai di industri animasi? Nah kita coba bahas di sini yuks, top 4 software animasi 3D yang umum dipakai di industri animasi:

1. Autodesk Maya

Software berbayar ini paling banyak dipakai di industri, baik industri lokal maupun industri luar. Karena banyak yang pakai software ini, maka tidak jarang yang menyebut kalau software ini adalah software standart dalam industri animasi, walaupun sebenarnya hal itu tidak sepenuhnya benar. Studio-studio banyak yang memakai software maya ini karena memang pipeline kerjanya lebih mudah untuk projek panjang seperti feature film dan TV series, dan lagi karena banyak studio yang pakai jadi memudahkan untuk pengaturan pipeline antar studio.

2. Autodesk 3D Studio Max

Software berbayar ini juga banyak dipakai di industri lokal dan industri luar, pipeline dari software ini cocok untuk projek animasi jangka pendek seperti TV commercial dan game. Itu kenapa software 3ds max ini banyak dipakai di studio game dan post-production company. Selain itu, software ini juga banyak didukung oleh berbagai macam plug-in untuk memudahkan proses produksi.

3. Blender

Software ini gratis! 😀 Blender ini sudah mulai banyak dipakai di studio-studio lokal dan luar. Terutama studio-studio baru (start up), karena gratis jadi bisa menekan production cost studio tersebut. Software ini terus berkembang sampai sekarang dan bisa dibilang kemampuannya hampir setara dengan produk-produk Autodesk, dari segi UI (User Interface), sampai hasil render. Bahkan sekolah-sekolah animasi lokal pun sudah banyak yang menggunakan software ini, karena gratis jadi mereka tidak perlu repot masalah license. Selain itu Blender juga banyak mengadakan projek kolaborasi dengan para studio dan artist Blender seluruh dunia, ini yang membuat komunitas dan pengguna Blender semakin hari semakin besar.

4. Autodesk Softimage

Softimage dibeli Autodesk sekitar tahun 2008, Softimage dahulu banyak dipakai di studio-studio luar, baik studio animasi (game, film) maupun post-production company. Software ini bisa dibilang adalah software yang cukup lengkap, mulai dari proses modeling, animasi sampai vfx (visual effect) bisa dilakukan oleh software ini. Bahkan beberapa fitur unggulan dari Softimage ini sekarang banyak dipakai oleh produk-produk Autodesk lainnya. Beberapa produk pendukung Softimage: SOFTIMAGE|Face Robot (Untuk memudahkan membuat rig dan facial animation dengan lebih cepat), SOFTIMAGE|Cat (Plug-in untuk animasi karakter tingkat advance pada 3ds max).

Gambar 4 software animasi 3d Ke-4 software ini adalah software-software yang paling umum dan paling banyak dipakai di industri, walaupun masih banyak software-software animasi 3D di luar sana seperti lightwave 3D, cinema 4D, dsb. Namun nyatanya industri lebih banyak memakai ke-4 software di atas karena pertimbangan pipeline, efisiensi dan berbagai faktor lain.

Masalah software mana yang paling bagus, jawabannya adalah “semua software sama saja”. Sebuah animasi menjadi bagus bukan karena software tetapi karena sumber daya manusianya. Software hanya alat untuk membantu agar pekerjaan menjadi lebih mudah dan cepat.

Happy animating guys! 😀

—–

*Penjelasan dari ke-4 software di atas adalah riset pribadi penulis.

You may also like...

2 Responses

  1. 09/04/2015

    […] kita bahas tentang software animasi 3D di postingan yang lalu, sekarang mari kita bahas secara singkat tentang software animasi 2D. Kita akan ambil 5 software […]

  2. 29/10/2015

    […] kita bahas tentang software animasi 3D di postingan yang lalu, sekarang mari kita bahas secara singkat tentang software animasi 2D. Kita akan ambil top 5 […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>