Walt Disney Menggugat Perusahaan Tiongkok Karena Melanggar Hak Cipta

Gambar Judul Walt Disney Menggugat Perusahaan Tiongkok Karena Melanggar Hak Cipta

Dilansir dari firstpost.com, ada kabar baru bahwa Walt Disney menggugat perusahaan Tiongkok karena melanggar hak cipta. Tidak tanggung-tanggung, tiga perusahaan asal Tiongkok yang digugat langsung oleh perusahaan hiburan terbesar asal Amerika tersebut.

Sebuah sidang diadakan di pengadilan Shanghai pada tanggal 21 Juni lalu, juru bicara Disney menyebutkan tentang “pelanggaran hak cipta” dan “persaingan tidak sehat” yang terjadi di Tiongkok. Disney sendiri memberanikan diri untuk masuk ke Tiongkok dengan membuka sebuah taman bermain (Disneyland) di Shanghai dengan total dana sebesar 5.5 milyar dolar. Ini karena Disney melihat adanya peluang besar di Tiongkok, terlebih dua film sebelumnya ‘Zootopia’ dan ‘Big Hero 6′ menjadi big box office di negara ini.

Namun bagaimanapun juga perusahaan ikonik asal Amerika ini (telah) menghadapi persaingan ketat di pasar hiburan dari para pengembang taman hiburan lokal, gempuran animasi-animasi lokal, sampai dengan penjualan merchandise palsu dan hotel Disney palsu. Padahal pihak berwenang Tiongkok telah berjanji untuk memberikan Disney perlindungan merk dagang khusus.

Di bidang animasi sendiri, tahun lalu telah dirilis sebuah serial animasi lokal berjudul ‘The Autobots’ produksi Blue MTV, dimana ada banyak kemiripan dengan film Disney ‘Cars’ di tahun 2006 dan sekuelnya di tahun 2011 (Cars 3 bahkan rencananya akan rilis tahun depan). Film serial lokal ini menyulut kemarahan para netizen di Tiongkok, namun Zuo Jianlong, sutradara film ‘The Autobots’ ini menanggapinya dengan santai.

 

“Banyak orang di dunia maya berbicara tentang plagiarisme, tetapi dari segi hukum ini cukup jelas bahwa dari awal tidak terdapat perilaku plagiaristik. Jika anda membandingkan kedua film ini bersebelahan, maka anda akan tahu bahwa ini benar-benar berbeda” ujar Zuo Jianlong. Pihak Disney sendiri menolak berkomentar lebih lanjut atas pernyataan tersebut.

Film animasi Tiongkok ini berkisah tentang balapan mobil dengan pemeran utamanya K1 dan K2, sedangkan pada film Disney menggambarkan tentang kisah legendaris mobil balap Lightning McQueen. Ketiga perusahaan Tiongkok yang terlibat dalam kasus ini adalah rumah produksi Blue MTV, perusahaan media Beijing G-Point dan perusahaan penyedia platform konten online PPLive Inc.

Gambar film serial animasi 'The Autobots' produksi Blue MTV asal Tiongkok yang mirip dengan film 'Cars' buatan Disney

Film serial animasi ‘The Autobots’ produksi Blue MTV asal Tiongkok yang mirip dengan film ‘Cars’ buatan Disney.

Seorang pejabat dari Beijing G-Point yang menamakan dirinya Ms. Cheng mengatakan, bahwa perusahaannya berharap untuk dapat menyelesaikan masalah ini secara kekeluargaan, namun pihak Disney menolaknya. Dia juga menambahkan bahwa perusahaanya tidak terlibat di dalam produksi, melainkan hanya mendistribusikan film tersebut. Sedangkan dari pihak PPLive sampai saat ini belum memberikan komentar apapun.

Box office di Tiongkok sendiri pada tahun lalu mencapai sekitar 45 miliar yuan (atau sekitar 6.8 miliar dollar) dan terus berkembang pesat. Ini merupakan daya tarik bagi studio luar negeri untuk memasuki pasar dan menjadi tantangan tersendiri bagi para pembuat film lokal.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>