‘Waves ’98’ Mendapatkan Penghargaan Cannes The Palme d’Or

Gambar Judul Waves '98

Cannes Film Festival yang ke-68 telah selesai, dan animasi telah menjadi bintang pada tahun ini karena banyak mendapatkan penghargaan. Salah satunya adalah film animasi pendek berjudul Waves ’98 karya sutradara Lebanon, Ely Dagher yang telah mendapatkan penghargaan tertinggi The Palme d’Or dalam kategori short movie.

Film berdurasi 15 menit yang mengambil set cerita di Beirut tahun 90-an ini merupakan salah satu dari dua film animasi dengan total sembilan film pendek yang dilombakan. Cannes tidak pernah memisahkan antara film animasi dengan film live action, sehingga ini membuat kemenangan Ely Dagher menjadi sangat istimewa karena dapat mengalahkan para kompetitornya terutama dari film-film live action. Diambil dari Cartoonbrew.com, terakhir kalinya film animasi mendapatkan penghargaan The Palme d’Or adalah pada tahun 2010, ketika Serge Avédikian menang dengan karyanya ‘Chienne d’Histoire.

https://vimeo.com/125144720

Waves ’98 lebih kepada film naratif dengan penggambaran visual personal yang ditujukan untuk kampung halaman Ely Dagher, Beirut.

Film ini merupakan eksplorasi artistik hubungan antara Ely dan Lebanon sebagai tempat kelahirannya, digambarkan melalui kisah seorang remaja yang ber-setting pada tahun 1998. Sejak pindah ke luar negeri untuk sekolah dan bekerja, Ely lebih banyak menghabiskan waktu di luar Lebanon, sehingga keterikatannya dengan Beirut sebagai kota kelahirannya menjadi semakin jauh. Semua narasi dari film ini lebih didasarkan pada upaya Ely untuk memahami perubahan hubungan antara dirinya dengan kota kelahiran dan kehidupannya, disandingkan pula dengan cerita berbagai pengalaman dan temuan-temuan menarik di dalam kota tersebut.

Kemenangan dari Ely Dagher ini menandai kedua kalinya pada tahun ini sebuah film animasi telah memenangkan penghargaan tertinggi di festival film bergengsi yang melombakan animasi dan live action secara bersamaan dalam satu kategori. Sebelumnya pada Januari yang lalu, Don Hertzfeldt telah memenangkan The grand jury prize di Sundace Film Festival untuk filmnya ‘World of Tomorrow.’

Website

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>