Yang Berbeda Dari Annecy Film Festival 2015

Gambar Judul Yang Berbeda Dari Annecy Film Festival 2015

Annecy merupakan festival animasi yang cukup besar di Prancis dan sudah dikenal oleh dunia. Ada banyak hal yang menarik pada Annecy tahun 2015 ini, salah satunya adalah tema yang diusungnya, yaitu woman in animation.

Pada tahun ini Annecy memberi perhatian khusus bagi para wanita yang telah berkiprah di dunia animasi. Wanita benar-benar menjadi fokus utama pada Annecy tahun 2015 ini, diantaranya:

– Pembuatan film animasi pendek yang dilakukan oleh para siswa sekolah animasi Prancis, Gobelins yang ditujukan untuk para wanita pelopor animasi di dunia. Yang mendapat kehormatan untuk dibuatkan filmnya adalah Mary Blair, Alison de Vere, Evelyn Lambart, Claire Parker dan Lotte Reiniger. Konsep filmnya sendiri terinspirasi dari kehidupan dan karya-karya mereka.

Gambar 5 animasi pendek wanita pelopor animasi di dunia

– Pembuatan logo Annecy 2015 yang dilakukan oleh Regina Pessoa dengan judul Curves and Shadows. Regina sendiri merupakan animator wanita yang berasal dari Portugal. Saat ini Regina merupakan animator wanita Portugal yang paling banyak mendapatkan penghargaan, salah satunya adalah dia pernah mendapatkan penghargaan Honorary Cristal dari Annecy di tahun 2006 untuk filmnya Tragic Story with Happy Ending.

Gambar Regina Pessoa dan karyanya Tragic Story with Happy Ending

Regina Pessoa dan karyanya Tragic Story with Happy Ending.

– Pemberian penghargaan Honorary Cristal untuk Florence Miailhe. Florence sudah banyak mendapatkan penghargaan terutama atas karya-karyanya yang bisa dibilang “tidak biasa” dengan gaya film painting-nya.  Pada tahun 1999 dia telah menciptakan Au premier dimanche d’août, bagian dari seleksi Annecy tahun 2000, nominasi untuk Golden Cartoon di 2001 dan pemenang dari César untuk film pendek terbaik di tahun 2002. Film selanjutnya, Conte de quartier mendapatkan perhatian khusus dari juri di Cannes 2006.

Gambar Florence Miailhe dan karyanya Au premier dimanche d’août

Florence Miailhe dan karyanya Au premier dimanche d’août.

– Yang tidak kalah menariknya adalah, pada tahun ini MIFA sudah mencapai usia 30 tahun. MIFA (The International Animation Film Market) merupakan pasar film animasi internasional, di dalam pameran dan seminarnya ada banyak showcase dari berbagai industri animasi terkemuka dalam hal produksi, pembelian, penjualan, pembiayaan dan pendistribusian konten animasi untuk semua platform penyiaran.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>